Makanan khas daerah yang dapat dijadikan opsi sebagai wirausaha


Liputan6.com


Halo sobat sukses, apa kabar ?, semoga selalu diberikan kesehatan agar bisa mencari rizki agar bisa melamar do’i masbro wkwkwk. Kali ini kita akan membahas tentang makanan khas daerah yang bisa dijadikan opsi dalam berwirausaha. Et sebelum membahas ini kita biasakan belajar teorinya dulu baru mempraktekannya. Lets’go !.


Sudah tidak diragukan lagi negara kita banyak memiliki makanan yang beraneka ragam, mulai dari rempah-rempah yang banyak di negeri ini sehingga menciptakan berbagai makanan daerah yang sangat banyak. Jika kita lihat pada setiap daerah yang masing-masing memiliki makanan daerah, tentunya akan mempunyai ciri khas tersendiri, contohnya ciri masakan padang yang kuahnya yang khas, hal itu menarik untuk dijadikan pembahasan kali ini mengenai wirausaha dibidang makanan. Terlebih lagi jika saudara anda masih mengetahui persis cara pembuatan makanan khas daerah anda, kamu bisa belajar membuat makanannya lalu membuat bisnis didalamnya. Terlebih lagi makanan khas negeri kita ini mulai dikenal banyak negara di dunia, hal ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi para pengusaha untuk meningkatkan otonomi daerah nya melalui bidang makanan khas. Pangan khas daerah merupakan makanan atau minuman yang di buat di suatu daerah yang menjadi sebuah ikon yang tidak didapat pada daerah lainnyaa


Potensi rempah-rempah dan kreatifitas masyarakat serta dukungan dari pemerintah membuat peluang pasar makanan khas menjadi pilihan yang tepat untuk dikembangkan. Dibalik itu sendiri sebagai pengusaha lokal yang bergerak di bidang makanan khas selain dapat membuka usaha, juga dapat menambah lapangan pekerjaan sehingga terciptanya perekonomian yang bagus di daerah tersebut. Mempertahankan dan mengembangkan usaha di bidang makanan khas adalah pilihan yang tepat/alternatif dengan memanfaatkan bahan baku yang ada di sekitar serta resep nenek moyang yang telah turun sampai saat ini. 


Pangan khas daerah dapat dibedakan berdasarkan bahan baku pembuatannya, seperti makanan yang terbuat dari bahan hewani dab nabati. Di indonesia sendiri dengan keragaman olahan pangan yang kaya, produk yang berbahan baku nabati lebih banyak digunakan ketimbang yang berbahan hewani. Selanjutnya kita akan membahas apa itu makanan yang dari hewani dan nabati. Produk pangan nabati merupakan produk pangan yang terbuat dari bahan baku tumbuhan atau tumbuhan yang telah diolah, di indonesia jumlahnya sangat banyak di indonesia. Hampir setiap daerah mempunyai makanan khas yang terbuat dari bahan nabati dan jug mulai terkenal keberadaannya seperti yang sudah banyak dikenal yaitu mochi dari bandung, asinan dari bogor dan banyak lagi. Sedangkan produk pangan hewani yaitu berbahan dari hewan, produk pangan hewani tidak kalah juga jumlahnya dari nabati, dan paa wirausahawan berlomba-lomba untuk mengembangkan produk pangannya seperti contoh produk pangan hewani yaitu, telur asin, rendang dan banyak lagi.


Langkah pertama membangun usaha yang pastinya kita akan dihadapkan dengan perencanaan wirausaha, yang harus dipikir matang-matang sebelum terjun kedalamnya. Seperti membuat proposal untuk biaya modal yang akan dibutuhkan dan proses pembuatannya. Hal ini tidak bisa dianggap sepele, jika anda pemilik modal yang ingin meraup keuntungan maka kita harus memikirkan bagaimana modal itu dapat memutar di suatu bisnis sehingga mendapatkan modal balik bahkan keuntungan. Tahap perencanaan ini sebaiknya di data di proposal dengan rinci sehingga apabila terjadi penyimpangan dapat di koreksi dan dipetimbangkan kedepannya untuk menjalankan usaha, bisa dibilang tahapan perencanaan ini sebagai tiang penegak rumah, yang artinya sebuah bisnis akan lancar apabila tiang-tiang itu kuat dan berkualitas. Pada tahapan selanjutnya yaitu pengolahan produk, ketika anda sudah menentukan perencanaan tentang apa produk makanan khas yang ingin dilakukan, maka anda harus paham betul tentang produk tersebut dan dapat mengolahnya sendiri dengan baik dan inovatif. 


Ketika anda sudah menentukan produk apa yang ingin anda tetapkan untuk di usahakan maka langkah selanjutnya adalah pengemasan. Tujuan pengemasan ini bukan hanya semata-mata menutup produk yang ada didalamnya, tetapi pengemasan kali ini sudah modern dan dimanfaatkan keindahannya. Kemasan yang rapih dan elegan akan menjadi daya tarik pembeli dan terlebih lagi produk itu akan diingat oleh konsumen karena sebuah produk dapat dikenal melalui ikon dari pengemasannya. Selain itu pada bagiann kemasan juga harus tercantum keterangan kandungan bahan, berat bersih, dan masa kadaluarsanya. Bahan kemasan sendiri mestinya berbahan yang cocok dengan apa produk yang ada didalamnya dan dapat melindunngi produk dari pengaruh lingkungan saat di pasarkan. 


Ketika kemasan sudah siap, maka langkah terakhir yaitu pemasaran. Pemasaran merupakan faktor yang menjadi masalah bagi pemula untuk memulai usaha selain  modal, pemasaran diartikan sebagai kegiatan yang di rencanakan untuk menggapai laba keuntungan. Banyak faktor yang memengaruhi kesuksesan dari pemasaran, seperti kualitas produk anda harus bersaing dengan yang lainnya, kuantitas atau persediaan barang yang menyanggupi kebutuhan pasar, harga yang disesuaikan, lokasi penjualan yang strategis dan nyaman bagi konsumen, dan faktor promosi. Yang terpenting anda dapat menyeimbangkan bagaimana produk anda dapat bersaing dengan produk laing dengan harga yang pas di daerah tersebut, sehingga produk anda dapat menjadi perhatian pada konsumen-konsumen yang ada.  


Ada sedikit tips dari mimin untuk masalah pemasaran jangan terlalu gegabah untuk melakukan pemasaran dengan besar-besaran, ingat yang berlebihan itu tidak baik. Maka kita lakukan langkah pemasaran secara kecil-kecilan terlebih dahulu seperti mengenalkan produk kita dengan teman atau tetangga sehingga mereka dapat mencoba produk kita dan dapat dievaluasi jika terdapat kekurangan supaya mereka tertarik untuk membeli produk kita. Bilamana mereka sudah klop dengan produk kita cobalah untuk menitipkan barang di warung-warung, karena alternatif pemasaran skala industri kecil dapat dengan langkah ini. Yang selanjutnya yaitu pemanfaatan sosmed, anda bisa memasarkan produk anda lewat sosmed atau situs berdagang online karena sekarang jaman sudah modern anda bisa memasarkan produk anda lewat teknologi yang ada. Yang terakhir promosi, anda dapat mengiklankan produk anda lewat sosmed juga. Hal yang sukses itu bisa berasal dari langkah yang kecil-kecilan sehingga menjadi sebuah emas yang berharga, tentunya tangan wirausahawan yang cerdas dapat melakukannya, apakah kamu termasuk dalam jiwa wirausahawan ?. entahlah jangan dulu berpikiran kegagalan wirausaha yang penting jalani aja dulu ya ga sob urusan itumah belakangan.


Pilihan wirausaha dibidang makanan khas bukanlah pilihan yang salah sob, pilihan tersebut merupakan langkah cerdas karena selain bermanfaat untuk anda, pilihan tersebut juga bermanfaat untuk orang lain. karena dari makanan khas tersebutlah tecipta lapangan pekerjaan bahkan mengenalkan budaya daerah menuju pasar yang luas. Seperti halnya makanan seblak, dahulunya seblak tidak terkenal dikalangan muda, mimin masih ingat dulunya seblak hanya di jual di warung kecil itu juga terbatas, hingga sekarang seblak di jadikan bisnis oleh wirausahawan. Maka dari itu semangat bagi kalian yang ingin membangun usaha walaupun jatuh bangun membangun usaha, itulah capaian mu sendiri. Cukup sekian dari mimin semoga bermanfaat, mohon maaf bilamana terdapat kesalahan tulisan harap di koreksi di kolom komen, sukses selalu pengunjung blogku.